Kamis, 06 Oktober 2016

sejarah asal usul nama handam

Siapa yang tidak kenal dengan handam (calligraphy pens)? Handam adalah pena kaligrafi tradisional yang berasal dari sejenis tumbuhan paku telah diolah sedemikian rupa, diraut dan dipoles dengan tehnik tertentu serta digunakan sebagai alat untuk membuat kaligrafi. Tumbuhan paku ini memiliki nama latin atau nama istilah ilmiyah-nya dicranopteris linearis.
Biasa tumbuh di semak belukar, tepi hutan, pegunungan dll.  Sebelumnya baca juga Cara Meraut Pena/Handam untuk menulis khat diwani versi Ahmad Mufti
handam pena kaligrafi
handam pena kaligrafi
Sebenarnya pe-nama-an kata "HANDAM" adalah nama yg SALAH. Konon kata sebagian orang sunda, kata "handam" berasal dr bahasa sunda yaitu ; "ANDAM". ini adalah nama untuk tumbuhan paku yg sering tumbuh di semak-semak pada area pegunungan. Seingga tak eran bila banyak nama daerah di Jawa Barat yg di beri nama "ANDAM". Penamaan nama daerah di beberpa tempat ini biasanya berdasarkan sumber daya alam yg ada d sekitarnya.

Adapun disekitar kota sukabumi ada wilayah yang dinamai "CIANDAM" artinya air andam (sebuah wilayah di dekat Sukaraja, Sukabumi) dimana dekat wilayah tsb ada beberapa gunung yg masih banyak hutan semaknya dan masih banyak pohon andam yg besar, kuat, kokoh, dan tahan lama
handam atau Dicranopteris linearis
foto daun handam atau Dicranopteris linearis
Wilayah tersebut dpat diamati melalui layanan Google Map Ciandam Sukabumi, Wikipedia Ciandam di Cianjur, Wikimapia wilaya Ciandam, dll.


Namun karena para kaligrafer sudah terlanjur menyebutnya dengan nama "HANDAM" ya sudahlah tidak masalah. Penting juga anda baca bagaimana cara mengolah tinta yang benar untuk menulis kaligrafi ?
pohon handam alat kaligrafi
foto pohon handam alat kaligrafi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar